Haruskah Nikah Sirri ?

Saat ini nikah sirri lagi tren dan menghangat di kalangan selebritis kita, bahkan nikah sirri juga sudah mewabah ke orang awam. Dewi Persik misalnya, dan mungkin masih banyak lagi artis lain yang tidak mungkin disebut satu persatu.

Kalau menyinggung Dewi Persik, sudah pasti cerita akan semakin panjang. Karena saat ini Dewi Persik bukan hanya ngetop karena goyangannya yang mengundang kontroversial, tapi juga soal pernikahan sirrinya dengan Aldi Taher dan berbagai masalah yang sedang dihadapinya saat ini.

Tapi yang akan dibahas bukan soal Dewi Persiknya melainkan nikah sirri. Nikah sirri (nikah yang dirahasiakan) sebenarnya memenuhi prosedur agama, hanya tidak terdaftar dalam hukum negara untuk mendapatkan surat-surat legal. Sah tidaknya nikah sirri tergantung syarat-syarat nikah yang harus dipenuhi yakni ada wali, minimal ada 2 orang saksi, ada mahar dan ijab qabul.

Kenapa harus nikah sirri ??

Kalau pertanyaan tersebut yang dilontarkan, pasti jawabannya juga akan beragam. Mungkin untuk menghindari perzinahan, atau si pria sudah punya isteri, dan mungkin masih banyak alasan lain yang tidak pernah kita tahu kenapa seseorang mau melakukannya.

Dalam pernikahan sirri sudah pasti yang dirugikan adalah kaum perempuan. Tapi tidak sedikit pula kaum perempuan yang mau dinikahi secara sirri. Kalau terjadi KDRT, si perempuan tidak dapat melapor kemana pun. Apalagi sampai terjadi perceraian, si perempuan hanya bisa pasrah dan tak akan mendapatkan apapun termasuk harta gono gini. Karena pernikahan tersebut tidak pernah terdaftar di KUA dan tidak memiliki surat surat yang legal.

Sunggguh ironi…. Tapi itulah konsekwensi yang harus dijalani dari suatu keputusan yang sudah diambil. Walaupun sudah tahu kerugian yang akan dialami, tapi sebagian kaum perempuan masih mau saja dinikahi secara sirri.

Apapun alasannya mari sebisa mungkin kita hindari nikah sirri, agar kita (kaum perempuan) bisa mendapatkan hak yang menjadi milik kita. Karena nikah yang terdaftar dalam hukum negara pun, terkadang masih banyak kendala dan banyak kesulitan yang dihadapi bila sudah ada perselisihan.

Haruskah Nikah Sirri……..??? Allahu A’lam bissawab

38 thoughts on “Haruskah Nikah Sirri ?

  1. saya gak suka sama nikah sirri..
    seolah-olah perempuan itu rendah harganya
    penggemar humor datang berkunjung

    ya, memang selayaknya perempuan dihargai
    dan mendapat tempat spesial
    dalam hidup seorang laki laki

    thanks atas kunjungannya🙂

  2. satu is3 cepat bosan..2 is3 saling tengkar, 3 is3 kedamaian, 4 is3 baru ideal..tapi jangan sirri donk..terang aja siapa takut..

    bnr, kalau ada yang terang ngapain harus sirri ??🙂

  3. “Apapun alasannya mari sebisa mungkin kita hindari nikah sirri”

    waaah…setuju bgt tuh
    sebagai cewek, aku gak setuju sama nikah siri
    hidup nikah siri!!! (loh kok?)

    hmmm….
    ga setuju, tp kok malah ndukung 🙄

    thanks ya da mampir

  4. Sebenarnya nikah siri udah sah, dan tanggung jawabnya sama aja, cuma ternyata banyak oknum pria memanfaat kan ini dari tanggung jawab…

    nah….. ini yg seharusnya tidak boleh dilakukan pria

  5. yg lebih ironisnya nikah siri secara agama islam diakui di lingkungan tapi kalo nikah siri diluar islam kayakna ga diakui … malah ada kesan kumpul kebo🙂

    setahu saya nikah sirri memang hanya untuk yg beragama islam
    dan hanya ada dlm agama islam
    kalau yg di luar islam, maaf saya ga pernah tahu dan no comment

  6. sunnahnya kalo nikah itu ya musti bikin pengumuman, undang sana undang sini, supaya at least tidak terjadi fitnah.

    bnr mas, saya juga setuju

  7. Itulah anehnya mbak. Kenapa masih banyak wanita yang mau? Padahal kan dirugikan.
    Bisa jadi, emang menghindari perzinahan kali ya…

    iya kali mas
    tp kalau menghindari perzinahan
    ya lebih baik nikah yg legal dong
    biar aman dan nyaman

  8. Memang banyak pendapat pro dan kontra dalam masalah ini. Kalau menurut saya sendiri, mending nggak usah daripada salah satu dirugikan.

    bnr mas
    seharusnya wanita bisa berpikir secara rasional
    jgn hanya nuruti perasaan

    thanks mas da mampir🙂

  9. HHHmmm … no comments

    Saya tidak begitu mengerti akan hal ini …
    yang jelas hanya satu pertanyaan ..

    Pernikahan …? berita bahagia …? Mengapa mesti di sembunyikan ?

    seharusnya diumumkan ya mas
    biar semua orang tahu😀

  10. Kalau bisa nikah secara Agama dan sah dihukum negara kenapa harus nikah Sirih ?
    😀

    Salam🙂

    yups bnr banget
    mas ari jangan ikutan nikah sirri ya😛

  11. ga boleh nikah siri….ga baek menurut saya..karena menikah adalah sakral dan sekali seumur hidup

    hehehee….
    semangat bnr bang anto
    iya deh ga boleh….

  12. Kalau memang saling mencintai dan berniat menikah dan takut terjadi perzinahan,sementara untuk menikah resmi masih terganjal tugas kenapa ga nikah sirri dulu? Setelah tugas/urusan selesai baru diresmikan.Untuk nikah sirri orang-orang yang hanya ingin melampiaskan nafsunya saya sangat tidak setuju. Salam kenal mbak🙂

    kalau alasannya krn terganjal tugas bkn karena nafsu
    dan nantinya akan diresmikan secara legal
    saya juga setuju
    asal jangan kebablasan aja
    krn dianggap ndak apa apa, malah lupa ndaftar ke KUA

    thanks da mampir🙂

  13. Kalo menurutku pribadi sih, lebih baik pernikahan “diumumkan” untuk menghindari fitnah. Kasihan juga anak-anak hasil pernikahan itu nantinya.
    Nikah siri bukannya tidak boleh menurutku, tapi seharusnya segera ditindaklanjuti dg mendaftarkan pernikahahan itu agar memperoleh pengakuan yang sah dari negara. Tentu saja demi kebaikan semua pihak…
    Sekali lagi itu menurut pendapatku pribadi, mbak.

    saya setuju mbak
    memang seharusnya begitu
    agar kedua belah pihak bisa sama sama bertanggungjawab

  14. klo aku mah nikah siri ga masalah selama persyaratan dipenuhi,dan tapiiii…harus dilanjutkan dengan nikah secara benar atau nikah secara hukum yang berlaku dinegara ini …

    yg mrpall ungkapkan boleh juga
    tp lbh baik langsung aja nikah yg terdaftar di KUA
    biar ga repot repot lagi nantinya

  15. Setuju dengan Om, pernikahan adalah hal yang membahagiakan kenapa musti dirahasiakan. Dan jika tidak salah sunah rosul untuk mewalimahkan pernikahan. Untuk mengumumkan kepada semua orang. Thanks

    bnr mbak
    berita bahagia kok diumpetin ya
    ntar bisa jadi fitnah🙂

  16. Hmhh… bagi saya sih… tergantung orangnya juga… biar nikah sirri… kalau cowoknya tanggung jawab…. nggak akan ada masalah…. sebaliknya biar nikah Heboh dan resepsi ngundang sejuta orang… kalau cowoknya Gablek… tetap aja ada kemungkinan KDRT terjadi dan pelecehan…..

    hehehe……
    bisa aja abangku ini
    tp ada bnrnya juga lho yg abang bilang

  17. Menurutku tergantung keputusan kedua belah pihak. Pastinya sebelum menikah sirri yang resikonya tidak ringan itu, sudah dipikirkan matang2.

    walaupun sdh dipikirkan matang2
    ttp aja uni, suatu saat pasti akan ada perselisihan
    nah kalau sdh begitu, biasanya ga bs berpikir secara jernih
    dan nikah sirri ini akan jadi gampang dilupakan

  18. Walopun nikah sirri sah secara agama, tapi kurang baik untuk anak-anaknya kelak…
    Karena tidak diakui secara catatan sipil…(katanya)

    katanya gitu ya mas…..
    kasian dong🙂

  19. tumben Mbak Rina
    semangat ngebahas nikah sirri
    emangnya ada rencana
    mo nikah sirri ya ?
    kl ada lowongan mo
    ndaftar nih….hehehe 🙂

    ehem…
    ini cm warning bt diri sendiri bang
    ga ada rencana untuk nikah sirri

  20. wah..

    udah lama juga gag mampir kesini..

    maaf ya mbak..

    hmm..

    mungkin dipikirnya nikah siri tuh aman, tidak zina..

    hal ini di dukung oleh kontradiksi dan kontrasepsi tentunya..

    haha, peace mbak😛

    bnr ariel
    jangan sampe deh nikah sirri
    bikin pusing dan ga jelas tanggungjawabnya🙂

  21. harusnya sih nikah nggak perlu disembunyikan, wong berita bahagia gitu lho, tapi kalau nikah siri , hmmm .. kayaknya dah pada tahu banyak pihak perempuannya yg dirugikan, tapi yach .. masih ada wanita yang mau melakukannya, krn cinta butakah ?

    btw, itu si ahmad dhani apa bener ya dah nikah siri sama si jamedong ?😛

    wah…. kita ga pernah tahu mbak
    kenapa masih ada aja wanita yg mau dinikahi secara sirri
    cinta buta, mungkin juga

    mengenai ahmad dhani dan mulan jamedong saya ga tau mbak
    jarang nonton infotainment🙂

  22. pokoknya ga setuju bgt ama yg namanya ‘nikah siri’ mbak.. kok kaya’na meremehkan derajat perempuan aja..

    btw.. ni saya 1 aja lom dapet mbak… gimana dah mikir tuk nikah siri mbak.. he.he..

    waduh….cepetan cari dong mas
    ntar kehabisan stok lho
    heheee….

  23. Pernikahan sirri hanya dilakukan oleh para pengecut. Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk mengadakan walimatul arusy, agar sebuah pernikahan bisa disaksikan oleh banyak orang dan tidak menimbulkan fitnah.
    salam kenal

    seharusnya memang begitu
    tp sekarang nikah sirri malah jd trend
    hanya karena alasan untuk menghindari zina

    salam kenal juga, makasih da mampir🙂

  24. kok masih ada perempuan yang mau menikah sirih ya?
    padahal jelas2 mereka yang di rugikan!

    nice post mbak…mengingatkan para wanita agar tetap berhati2🙂

    thanks mbak ria
    mudah mudahan tidak ada lagi para perempuan yg mau diajak nikah sirri🙂

  25. Kalau saya pribadi sama sekali gak setuju sama orang yang menikah sirri, kenapa mau ? kalau punya anak ntar gimana ? kan butuh dibikinkan akte, yang mengharuskan ada buku nikah. Wew artis itu hm kayaknya ada juga yang punya suami lebih dari satu, dengan menikah sirri

    bnr mbak
    akan rumit untuk pengurusan administrasinya

    wah…suami lebih dari satu kan ndak boleh mbak
    sdh jelas aturannya dalam Al Qur’an
    kalaupun benar ada yg seperti itu
    gmn urusannya ya……??
    jangan sampe deh

  26. Waduuh, gak bakalan mau di nikah siri.
    Maunya nikah sekali seumur hidup so mesti kbari kanan kiri
    Selain itu, gak punya kekuatan hukum.. susah nanti

    setuju mbak
    ngapain juga nyusahi diri sendiri
    yg legal..legal..aja deh🙂

  27. Nikah siri lebih sebenarnya baik saja daripada berzina, namun demikian harus dicermati bahwa pihak wanita yang selalu banyak dirugikan pada prakteknya …

    walau menyadari dirugikan
    tapi tidak sedikit kaum perempuan yg mau dinikahi secara sirri
    ya…..dgn alasan yg simple
    menghindari zina🙄

  28. nikah sirih sah2 aja… yang terpenting dapat dipertanggungjawabkan…

    kalau ga tercatat, sulit untuk menuntut tanggungjawab
    karena kadang laki – laki suka semaunya aja😦

  29. nikah sirri…nikah yg d kunyah abis intinya d buang ampasx bahkan d ludahin..bukan begitu mbak…ke org yg suka nyirih tu loh..heee… serem banget, ku yg cow ja g mw nikah sirri plgi yg cew ya..yok yg sbr nahan napsu’..jgn turuti emosi sesaat..ga bae kata org tua…
    lam knl..

    ngaco aja….
    itu mah nyirih namanya

    wahhh….nasihatnya berguna banget tu
    salam kenal juga🙂

  30. nikah adalah suatu hal yang sakral dah sepantasnya semampu kita untuk mnjalankan sesui sariat agama dan hukum negara.dijaman sekarang nikah siri cenderung dijadikan sebagai alat untuk suatu kepentingan tertentu bukan karna lilahita’ala dan hal ini sangat kontras dijaman Rosulullah SAW yang niatnya hanya mengharap ridho NYA dan itupun diharuskan menyelenggarakan walimah mengundang tetangga walaupun hanya dengan segenggam kurma dimaksudkan agar tidak menimbulkan fitnah.buat para wanita jangan mau dinikah siri karena hanya akan merugikan diri anda.
    dari pada nikah siri mendingan nikahin mbak sri,aku kan belum pernah nikah…he..he..he..

    setuju dengan imbauannya
    agar pernikahan yg indah tidak menjadi fitnah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s