Si Anak Sulung

Anak sulung biasanya menikmati posisi istimewa dalam keluarga. Boleh dibilang, ia memiliki segalanya, status sebagai yang tertua, perhatian dan kasih sayang penuh dari orang tua, serta memperoleh pengalaman-pengalaman mengasyikkan yang mungkin tidak dinikmati adik-adiknya. Namun ada kalanya posisi sebagai sulung, membuat seorang anak memiliki beban mental yang berat.

mandiriSaya, yang kebetulan dilahirkan sebagai anak sulung dan satu-satunya perempuan dari tiga bersaudara, sangat merasakan sekali enak dan tidaknya terlahir sebagai anak sulung.

Sebagai sulung, dari kecil saya sudah diterapkan untuk disiplin, bertanggungjawab dan memberikan contoh yang baik pada kedua adik saya. Orangtua juga menaruh harapan besar di pundak saya untuk mewujudkan harapan-harapan mereka.

Di sisi lain, sebagai anak perempuan di antara dua saudara lelaki, saya juga dipenuhi kasih sayang dan sangat dimanja, terlebih oleh papa. Papa yang selalu memberikan perhatian lebih pada saya. Tapi tidak dengan ibu saya, beliau mendidik saya begitu keras. Walaupun saya tahu tujuannya untuk kebaikan, tapi tetap saja menjadi beban psikologis yang berat buat saya.

Karena kedua hal itulah, kini saya tumbuh menjadi wanita yang kuat, mandiri, bertanggungjawab, tapi juga lembut, penuh cinta dan kasih sayang. Itulah yang saya rasakan sebagai anak sulung, berat tapi juga menyenangkan.🙂

Bagaimana dengan teman teman blogger yang kebetulan juga anak sulung seperti saya, mari kita berbagi cerita.

20 thoughts on “Si Anak Sulung

  1. waktu saya tanyakan kepada ibu: “kenapa adek boleh ini dan boleh itu sedangkan saya tidak boleh?”. begini jawaban ibu: “Karena kamu yang tertua, kami belum pengalaman jadi takut melepas kamu untuk melakukan ini dan itu”. ortuku lebih protektif terhadap aku dibandingkan ke adikku.😦 . salam kenal bu

    bener mbak, saya juga merasakan sprti itu
    terkadang ada yg menjadi beban krna ingin mewujudkan harapan mereka

    salam kenal juga mbak, thanks da mampir ke blog saya🙂

  2. Yaa memang senang jadi anak sulung..semua barang menjadi milik kita..& mendptkan kesempatan pertama menikmatinya..sementara sang adik hanya mendapat sisa & bekas dari kakaknya..sayangnya saya anak bungsu..yg selalu dpt mainan sisa ..huhuhu..:-(

    itu sedikit enaknya jd anak sulung mbak
    anak bungsu juga ga kalah enaknya, sering dimanja dan disayang🙂

  3. Kebetulan saya bukan anak sulung mbak Rina, saya anak bungsu jadi saya opositnya mbak Rina. Anak sulung memiliki pribadi yang kuat dan banyak sekali orang sukses yang merupakan anak sulung. Hampir semua presiden US yang terkenal merupakan anak sulung kecuali the first Presiden dia anak ke-3. Suamiku juga anak sulung, dia tegas, bertanggungjawab, wibawa, toleran, dan mengayomi, jadi berbahagialah menjadi anak sulung karena sifat-sifat positive itu. Thnks

    kebanyakan anak sulung mmg memiliki sifat sifat seprti yg mbak yulism utarakan, itu karena didikan yg keras dari ortu yg menginginkan anak sulungnya sukses.

    kalau si sulung ketemu dengan si bungsu biasanya klop tu mbak
    sprti mbak yulism dgn suami, pas banget.

  4. Emang dimana aja, kisah si anak sulung begitu ya…?
    untung aku bukan anak sulung..

    nggak juga mas
    terlahir sebagai anak ke berapapun sama aja
    yg penting gmn kita memaknainya

  5. Kebetulan aku anak sulung juga, mbak.
    Kebanggaan yg aku rasakan adalah saat adikku (diam-diam) mencoba mengikuti jejakku dan minta nasehatku… Rasanya jadi hebat banget gitu deh hehehe

    bener mbak, seneng rasanya klu kita bisa jd panutan
    jadi punya kesan tersendiri🙂

  6. bersyukurlah menjadi si anak sulung
    konon anak sulung
    memang kerap dapat untung
    btw, soal Mbak Lin ngaku
    anak sulung yg lembut
    dan penuh cinta….masya sih ?
    cintanya jgn dibagi2 begitu saja Mbak
    hehehehe 😆

    emang bnr bang, saya si sulung yg lembut, penuh cinta dan kasih sayang tp juga galak, heheeee….
    btw, bang mike mau kebagian cinta saya😆

  7. jadi anak sulung mah banyak enaknya tuh klo menurut aku heheheeh salam yah

    banyak enaknya dan banyak juga ga enaknya mrpall
    tp ya ga usah dibawa susah kaleee, dinikmati aja

  8. Saya anak sulung …
    adik saya perempuan …

    SO bisa dibilang …
    saya bisa menjadi anak lelaki satu-satunya …
    bisa menjadi anak sulung
    bisa menjadi lelaki bungsu
    hehehe … komplit …

    Karena kami hanya berdua … berlainan jenis pula … Alhamdulillah kami mendapat kasih sayang yang sama banyaknya (juga kemanjaan ) yang sama banyaknya …

    Salam saya
    (dapat link ini dari Bro Mikekono)

    ini keuntungan yg berimbang mas
    tp tetep aja yg sulung hrs menjadi panutan bt si bungsu

    makasih mas uda mampir dan komen di blog saya🙂

  9. saya mah anak kedua tapi sekarang di keluarga jadi anak sulung yg harus memperhatikan adik “lebih banyak” ketimbang memperhatikan diri sendiri

    jangan sedih….hrs tetap semangat🙂
    makasih da mampir

  10. Jadi anak sulung bagiannya gede lho, hehehee.. Ne aq online via hp Lin, maklum lagi jadi anak jalanan ne..

    tau aja klu bagiannya gede, jgn kasi tau siapa2 ya. heheee……

  11. Saya?

    Anak bungsu…
    tapi nggak pernah ngerasain jadi anak bungsu di saat kecil dulu.
    Justru selalu dianakbungsukan ketika sudah lepas kuliah dan semenjak Mami meninggal tahun 2002..
    mereka jadi keliwat over protective sama saya.. hehehe…

    Kakak sulung saya justru yang paling disayang.
    Maklum saja, kondisi kesehatannya tidak sebaik saya yang alhamdulillah belum pernah sakit parah… tidak seperti Kakak Perempuan saya itu…

    Well,
    Mami dan Papi pernah bilang, tidak mau membeda-bedakan Sulung-Tengah-Bungsu mereka. Yang berbeda mungkin cara menangani kami. Kebetulan saya itu emang dari dulu tahan banting, jadi Mami percaya kalau saya bisa jaga diri.. hehehehe…

    Eh, maaf, cerewet di blog orang..
    belum kenalan, pula.. hehehe…
    Salam kenal…

    ini namanya si bungsu yg tangguh jeung
    nggak manja dan banyak bergantung pada orang lain
    saya suka melihat pribadi wanita seperti ini

    salam kenal juga jeung….
    saya tersanjung banget atas kunjungan dan komen jeung di blog saya. saya ga nyangka, jeung mau berkunjung ke blog saya yg msh banyak kekurangan di sana – sini

    thanks, da mampir🙂

  12. Sulung dan bungsu kayaknya sama ja…hehhehe
    semoga bisa berbagi cerita dan idea…salam kenal lahh
    http://www.herman1976.wordpress.com

    bnr, sulung, tengah, dan bungsu sama aja
    ga perlu ada pembedaan perlakuan dlm keluarga
    tp biasanya, si sulung lbh diprioritaskan untuk bs mnjadi panutan bagi anak yg lainnya

    salam kenal juga….
    makasih da mampir🙂

  13. Dengan keadaan seperti inilah kamu ditempa agar memiliki mental yang kuat dan sanggup menghadapi segala permasalahan. Yang semangat ya😉 Salam kenal juga..

    support yg bagus nih, makasih

    salam kenal juga……

Tinggalkan Balasan

