BBM Turun, Sembako (tetap) Melambung

bbmPemerintah telah 3 (tiga) kali menurunkan harga bahan bakar minyak. Pertama pada 01 Desember 2008, disusul penurunan kedua pada 15 Desember 2008, dan penurunan terakhir 15 Januari 2009, sehingga harga BBM (premium) menjadi RP 4.500.- per liter.

Bukan itu saja, Pemerintah juga menetapkan penurunan tarif angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Tarif Dasar Listrik (TDL).

Tentu saja penurunan harga BBM, tarif angkutan dan tarif dasar listrik ini membawa angin segar dan disambut suka cita oleh rakyat. Dan orang awam seperti saya ini, tidak mengerti apakah ada unsur politis atau tidak di balik semua itu. Yang penting, penurunan tersebut dapat mengurangi cost sehari-hari.

Tapi kenyataannya penurunan harga BBM ini tidak dibarengi dengan penurunan harga-harga yang lain, seperti harga sembako dan kebutuhan sehari- hari lainnya.

Weekend kemarin, saya habiskan untuk berbenah sekaligus jalan-jalan ke pasar tradisional dekat rumah. Hampir semua kaum ibu terdengar mengeluh karena tingginya harga kebutuhan sehari-hari.

“Beras, gula, minyak curah, semuanya pada naik, gimana ni pemerintah, kok ga tanggap sih……”

“Percuma aja BBM turun kalau harga kebutuhan sehari-hari tetap tinggi, penghasilan suami saya tidak mencukupi, gajinya juga ga naik-naik tu”.

Begitulah celoteh ibu-ibu di pasar yang saya dengar ketika saya ke pasar tradisiona kemarin. Ya…kalau dihitung-hitung lebih besar pengeluaran daripada penerimaan, sehingga harus mencari tambahan dari sana sini untuk menutupi kekurangan.

Apakah hal ini juga menjadi perhatian pemerintah, untuk segera mencari solusi penurunan harga sembako dan yang lainnya. Sejatinya begitu harga BBM turun, harga-harga kebutuhan lainnya (sembako) juga harus turun.

Semoga harapan saya dan kaum ibu lainnya segera terwujud, BBM turun, sembako juga tidak melambung. Semoga, semoga dan semoga…!!

About these ads

24 thoughts on “BBM Turun, Sembako (tetap) Melambung

  1. kalo dipikir2 mendingan ga turun aja sekalian ya biar kebutuhan ga naek … hehe

    BBM turun 3 kali yang di barengi dengan iklan Bapak negara kita tercinta ini … di iklanya dia “sangat membanggakan sekali” menurunkan harga BBM 3 kali … mang dia ga nyadar apa udah menaekan harga BBM berapa kale yang mengakibatkan harga pokok pada naek

    mungkin dipikirnya orang indonesia tuh bodoh kale yah .. buat iklan seperti itu hanya jeda 2 hari dari penurunan BBM … xixii

    walopun golput haram saya tetep GOLPUT … yg dosa MUI ini bukan kita … *peace*

    bnr rai
    harga BBM turun pun percuma kalau harga2 yg lain ga ikutan turun
    rakyatkan bukan hanya memerlukan BBM tapi juga yg lainnya :mrgreen:

  2. hehehehe….ada2 ajah…klo aku mah ga koment harga BBm neh nyatanya klo aku mo ke kantor…tambah enteng ajah….salam manis …

    enak dunk mrpall kalau k kantor jd enteng
    iriitttt ya….. :)

  3. Para ahli telah menyampaikan masukan ke presiden untuk menurunkan BBM, tetap tidak bergeming.
    Ahli iklan bilang: pak presiden ini bisa jadi iklan yang baik untuk bapak dan untuk partai bapak. Presiden: iya to? (sambil mikiir lamaaa)
    Ok kalau gitu turun 500, habis itu turun 500, turun lagi 500
    Akhirnya penurunan BBM jadi komoditas iklan, makanya harga tidak turun. Mestinya iklan nya bilang turun lagi turun lagi turun lagi, Awass kalu harga barang lain tidak turun……

    mestinya klu harga BBM turun 3 kali
    harga barang lain harus turun 6 kali, biar impas

    agar tebar pesona bpk presiden lbh mengena di hati rakyat
    dan bisa terpilih lagi, heheee….

    makasih pak uda mampir

  4. Makanya pada Pilpres nanti,
    pilih capres yg bisa menurunkan
    harga BBM, sembako, serta meningkatkan
    kesejahteraan rakyat…….
    btw, biarlah sembako melambung
    asal adinda tak sampai
    terkena asam lambung
    ……hehehehe

    susah bang cari yg sprti itu
    kebanyakan cuma janji janji melulu

    asam lambung pasti datang bang
    hbs jatah makan uda berkurang, semuanya mahalll…. :D

  5. unsur politis, pastiiii mbak. ada yang bilang kalau dikalangan politisi, rakyat itu ‘objek pembodohan’. gila nggak?

    wahh…
    nggak usa dipilih politisi yg seperti itu

  6. itu mah tebar pesona, sama ma abang. Bedanya Pemerintah berhasil, banyak rakyat yang nyambut gembira dan mengatakan akan mempertahankan pemerintah yang sekarang. Nah kalo abang, dah capek2 tebar pesona lom ada juga yang lirik, salah strategi kali ye…, hehehehe. Abang dah buat postingannya.

    tebar pesonanya boleh lah
    tapi blm sepenuh hati tu
    dan pemilu nanti saya blm tentu milih bapak itu lagi

    bang, jgn cuma tebar pesona aja
    tapi modal juga dunk….. :lol:

    *dijitak ma bang kelana

  7. Ini bukan hanya masalah di Indonesia, tapi sudah menjadi masalah diseluruh negara…krisis benar-benar lagi melanda.

    ya mungkin lebih hemat saja ya….disetiap sektor kehidupan hanya ini dulu jalan yang bisa kita lakukan, sambil berharap krisis cepat pulih dan sehat kembali. :D

    hematpun agak sulit mbak, karena penghasilan jg uda ga sesuai lagi
    mudah-mudahan krisisnya cpt berlalu….

  8. Emang lebih mudah naikin harga daripada nurunin harga.
    Kan pada lebih seneng kalo dapat untung lebih gede. Hehehe..
    Soalnya, saat ini kan cari uang susahnya minta ampun (kali ini prinsip para pedagang/produsen yg gak mau nurunin harga).

    iya mbak, kasihan rakyat kalangan bawah
    makin susah aja dgn tingginya harga kebutuhan sehari-hari :(
    semoga pemerintah cpt tanggap akan hal ini

  9. kyknya ini hanya permainan aja degh..soalnya kan mau pemilu…ntar abis pemilu naik lagi tuh BBM..lam kenal ya mbak…..

    kita lihat aja ntar abis pemilu
    kalau BBM naik lagi, itu mah kelewatan

    lam kenal juga
    makasih da berkunjung ke blog saya :)<
    /em>

  10. Golput?
    Haram?
    Masa sih, dia mengandung minyak babi? nggak kan? :)

    Ah, si Mbak…
    memang dimana-mana skarang gitu, ya. Sampai miris aku. Cengar cengir nurunin harga, tapi nggak periksa kondisi lapangan. Ini udah pada jejeritan semua rakyatnya!
    Uduh!!!!!

    *emosi* :D

    hihihiiii….
    jeunglala nafsu amat emosinya

    kalau soal golput haram, ga ngerti jeung
    biar ajalah bapak-bapak itu yg ngbahas
    mikirin sembako aja uda pusing ni….

  11. Yang turun itu, uang jajan saya sehari-hari,, jatahnya berkurang… jumlah uangnya tetep tapi harganya melambung, jadi uang jajan ga cukup buat kenyangin perut.. :-(

    masih dapat uang jajan toh
    ntar saya tambahin ya biar ga kurang lagi
    heheee….

  12. Krisis sedang melanda. berhemat adalah pilihan yang sangat tepat. Terlepas dari apakah harga BBM naik atau turun. Toh, pemerintah lebih senang menaikkan daripada menurunkan harga BBM.

    kalau soal menaikkan pemerintah paling cepat geraknya
    tp kalau uda menurunkan susahnya minta ampun

    ya berhemat pasti lebih baik
    thanks

  13. Sering aku gak habis pikir terhadap saudara-saudara kita yang berjualan. Kayaknya bisnisnya tidak sesuai dengan ajaran falsafah kita sendiri ya. Banyak sih yang tetap baik, tetapi jumlahnya amat kurang untuk membawa bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat…

    iya mas
    makasih da berkunjung

  14. Bisa jadi si pedagang pas kulakan harganya tinggi. Trus, masak sekarang mo dijual lebih murah? Rugi dong
    hehehe….
    Entahlah…

    bnr mas, kasian jg pedagang klu hrs jual rugi
    tp seharusnya pemerintah uda mengantisipasi
    dan mencari solusi sblm menurunkan harga BBM

    gitu lho mas bendol
    heheee….sok pinter amat si mbak ini

  15. Yach semua serba dilema Mbak…

    Saya juga sedih melihat kenyataan ini semua..

    Hhh…Sungguh kita harus semangat semua agar tidak malah terpuruk namun kita harus punya semangat dan tekad yang kuat untuk menjadikan negeri ini lebih baik..Caranya gimana…Lakukan yang terbaik dalam diri Anda..AYO

    menjadikan negeri ini lbh baik mmg kewajiban anak bangsa
    tp gmn mau berbuat klu rakyat msh bnyk yg miskin
    anak2 usia sekolah yg shrsnya belajar,malah berkeliaran di jalanan

    mdh2an pemilu nanti, bangsa ini mendapatkan pemimpin yg bnr2 memikirkan rakyatnya 24 jam
    ada nggak ya…..????

  16. Terakhir beli beras 5kg… 2 bulan lalu…
    Gula nich 1 kg belum habis dalam 3 bulan ini ….
    Minyak goreng juga 2 bulan lalu…
    hehehehe semoga bulan depan kalo pas aku belanja sembako harganya udah turun dech :D

    waduhh retie… kok lama amat hbs sembakonya
    hemat bener, hehee…

    mudah2an bln depan harga sembako da pada turun ya
    biar retie bisa ngborong :)

  17. yah namanya juga manusia….maunya cuma naik..opas harga turun e….
    mereka tak mau menurunkan harga katanya sih ini mahal…pokoknya seribu alasan deh…

    ‘opas’ bukan solusi untuk menurunkan harga kebutuhan
    shrsnya pemerintah sdh memikirkan hal ini sblm menurunkan harga BBM sampai 3 kali

    makasih da mampir :)
    salam saya

  18. hadapin dengan senyum aja
    mau naik mau turun,tetap aja senyum
    karena senyum itu adalah….:D

    iya kang, senyumkan ibadah
    banyak ibadah Insya Allah akan selalu bs sabar dan ikhlas
    thanks :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s